Semarang, Indonesia – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di era digital, Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) bekerja sama dalam penelitian kolaboratif lintas negara dengan judul “STUDENTS’ PERCEPTIONS OF AI-BASED LEARNING TECHNOLOGY”.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi mahasiswa terhadap penggunaan teknologi pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) sebagai bagian dari inovasi pendidikan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif dan inovatif di era digital.
Tim peneliti dari Unwahas dan UKM bekerja sama untuk mengumpulkan data dan menganalisis hasil penelitian. Penelitian ini dipimpin oleh Prof. Madya Dr. Sheerad bin Sahid dari Fakulti Pendidikan, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Linda Indiyarti dari Universitas Wahid Hasyim.
Penelitian ini mendapatkan dukungan penuh dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unwahas melalui DIPA Penelitian Internasional. Dukungan ini menunjukkan komitmen Unwahas dalam meningkatkan kualitas penelitian dan kerja sama internasional.
Dalam rangka memperkuat kerja sama ini, tim Unwahas akan melakukan kunjungan ke UKM pada tanggal 4 Agustus 2025. Kunjungan ini juga akan dimeriahkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation of Agreement (IoA) antara kedua institusi, yang menandai komitmen jangka panjang dalam kerja sama pendidikan dan penelitian.
Kerja sama bilateral antara Unwahas dan UKM ini merupakan contoh konkret dari komitmen kedua institusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian kolaboratif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi kerja sama lebih lanjut antara kedua institusi dalam bidang pendidikan dan penelitian.
Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan pendidikan di Indonesia dan Malaysia, serta menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam mengimplementasikan teknologi AI dalam pembelajaran.
Kontributor: Linda IP