Prodi PGMI Unwahas Bekali Mahasiswa Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

SEMARANG.- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Wahid Hasyim Semarang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Improve Self-Quality Through Scientific Work Training”. yang dilaksanakan di kampus Unwahas ruang C2.02. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PGMI tahun Akademik 2022/2023, mulai dari jam 08.00 – 11.30 WIB. (30/9/2022).

Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan oleh ketua pelaksana ketua HMJ dan Kaprodi PGMI sekaligus membuka acara dan diakhiri do’a. Setelah pembukaan dilaksanakanlah kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah yang dipandu oleh Galih sebagai moderator dan Ummu Jauharin Farda, M.Pd. sebagai pembicara.

Dalam pembukaan acara dihadiri Ketua BEM FAI, Katua DPM FAI dan Kaprodi PGMI Dr. Ali Imron, S.Pd.I., M.Pd.I. sebelum membuka acara dalam sambutannya, Kaprodi menyampaikan dan berpesan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah dengan baik dan serius. Hal ini dikarenakan kemampuan menulis dengan baik merupakan alat penting sukses dalam perkuliahan. Dalam perkuliahan setidaknya mahasiswa diminta untuk mempu menyusun makalah, artikel dan juga skripsi sebagai tugas akhir dengan baik.

Ummu Jauharin Farda, M.Pd. selaku pemateri yang juga menjabat sebagai Sekretaris Prodi PGMI menyampaikan hal-hal secara teknis dan juga etika penulisan karya ilmiah. Diantaranya yang harus diperhatikan adalah apa yang boleh dan tidak dilakukan seorang penulis. Ia menambahkan, penulisan harus cermat dan dapat dipertanggungjawabkan, orisinil dan bukan merupakan jiplakan, menjaga kebenaran fakta dan manfaat.

Tahta (mahasiswa baru) peserta pada acara tersebut menyampaikan terimakasih kepada HMJ atas dilaksanakan acara pelantikan karya tulis ilmiah. Ia merasa bahwa materi yang disampaikan oleh Bu Ummu Jauharin Farda, M.Pd sangat penting dan membantu dalam menyusun makalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *