Dosen Harus Perkuat Penelitian dan Pengabdian

Bagi seorang dosen,  melaksanakan tri dharma perguruan tinggi (PT) merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Demikian yang disampaikan Dr.H. Nur Cholid, M. Ag, M. Pd dalam Dialog pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat Fakultas Agama Islam (FAI) Unwahas di kampus setempat, Rabu (3/7/2019). .Acara ini dihadiri narasumber M. Aziz Hakim,MH selaku Kasi Pengabdian, Subdit penelitian Dirjen Diktis Kemenag RI.

Cholid menjelaskan kegiatan pengabdian dapat memberikan pengalaman dan inovasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan temuan-temuan terbaru serta berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dalam rangka memperoleh peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Ini sangat penting karena juga dapat turut menyelesaikan terhadap problem-problem masyarakat lewat pengabdian,” ujarnya.

Azis Hakim menegaskan pentingnya penelitian dan pengabdian bagi dosen di perguruan tinggi. Ia mengatakan untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian harus selalu termotivasi akan kewajiban untuk mensosialisasikan program program hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang ada di subdit penelitian dan Pengabdian Kementerian Agama RI. + Tambah Kategori Baru

“Masalah penelitian atau pengabdian itu muncul karena ada keresahan keresahan di masyarakat sesuai dengan zamannya.  Biasanya ide itu datang di saat kita sedang merenung, maka muncul gagasan-gagasan yang menarik yang bisa dijadikan tema baik dalam penelitian maupun pengabdian,” tandasnya.

Kegiatan ini diikuti Pimpinan dan dosen di lingkungan Universitas Wahid Hasyim Semarang.(Syakur/adb)

Sumber : Suaranahdliyin.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *